Wanna search something?

Saturday, February 11, 2017

BERMAIN BARENG FOSKA (BBF) #1

        Cerita ini diawali oleh cuitan mbak Salma di group chat Agronesian#4 ngajak anak-anak liburan bareng, habis tahun baru itu kalo nggak salah. Agak ngenes sih awalnya, soalnya nggak ada yang ngrespon. Karena q kasihan, yaudah deh q respon dengan "Ya ayooooo mbakkk liburan bareng". Mungkin sebenernya pada mau jalan-jalan bareng tapi kan itu liburan ya pasti anak-anak pada pulkam lah-_- Aku berpikir itu hanya ajakan wacana di grup semata layaknya biasanya, eeeeeeh ternyata enggak. Esok paginya udah ada multichat baru yang isinya mbak Salma, mbak Fiesha, dan mbak Khum. Wew, sepertinya mbak Salma serius wkwk. Setelah bahas sana-sini, tercetuslah kita mau pergi ke peternakan Tapos yang katanya namanya udah ganti, aku juga nggak tahu apa. Rencananya, Senin tanggal 9 Januari mau cus, udah di blow up ke grup Foska juga, responnya lagi-lagi sedikit. Ha. Ha. Yaudah deh. Yakali cuma pergi berempat.

        Setelah mendekati tanggal masuk nih, masuk tanggal 30 bro, kita mulai bahas ini jalan-jalan lagi. Diundang pula mbak Anis yang notabene si berisik Foska ke multi chat. Kita pilih-pilih hari dulu dan diputuskan hari Rabu, 25 Januari. Tujuannya masih sama di peternakan itu, yang ternyata namanya PT. Kepurun Pawana Indonesia. Kita juga rencana sekalian ke wahana air sekitar Klaten gitu. Mbak Anis juga pengen ada game ebuset mbak ini jalan-jalan doang berasa mau ngevent apa-_- Mbak Fiesha nggak bisa ikut soalnya dia masih di Tuban hft-_- Udah kan bikin broadcast-an lagi dan mbak Salma nyantumin id line-ku jadi CP-nya-_- Oke nggak papa, mbak, anggap aja q panjat sosyel-__- Di share lagi di grup Foska, Agronesian, dan kelompok studi se-Agro. Responnnya yaaaah, lumayan. Awalnya sepi juga sih. Yang ngechat aku juga cuma beberapa. Ada yang yes beneran ada yang cuma fafifu aja, sayangnya kok nggak ada yang nyantol yah:( Aku sendiri pm semua anak-anak Agronesian#4 dan well kebanyakan mereka pada masih di kampung hft. Akhirnya nih, dengan banyak terpehape, peserta BBFnya jadi 13 orang aja. Iya, 13 biji doang.

        Pagi itu, Rabu, 25 Januari kita berkumpul di gerbang perikanan, oke mereka nyebutnya gerbang utara fakultas kehutanan tapi w lebih familiar ama gerbang perikanan secara w penduduk lokal deket situ #ininggakpenting. Waktu kumpulnya sih 06.30 di broadcast, tapi kata mbak Salma kita paling lambat berangkat jam 07.30. Yaudah deh jam 06.25 aku baru berangkat dari rumah heheheheh. Sampai sana sekitar jam 07.06 dan aku menyebutnya rekor. "Buat latihan besok kalo berangkat kuliah jam segitu berarti nggak telat, mbak heheheh.", alibiku pada mbak Anis dan mbak Salma saat melihatku baru datang. Oke, disana baru ada 6 orang termasuk aku. Setelah menunggu sana sini, berangkatlah kita menuju PT. KPI.

        Aku berboncengan dengan mbak Khum. Aku sendiri baru kenal hehe. Mbak Khum dari Forestry Study Club (FSC) angkatan 2015 anak Grobogan. Mbak Khum anaknya berisik kaya mba Anis, kaya aku juga sebenarnya hahah jadi di jalan lumayan banyak ngobrolnya. Ku kira perjalanan bakal jauh dan lama banget, eh ternyata enggak, cuma sejam:( Bayanganku kita itu mau ke Klaten cuyyy, antar propinsi gitu, taunya ini di perbatasan doang-_- Kita sampai di PT. KPI sekitar jam 9 kurang.

        PT. Kepurun Pawana Indonesia merupakan sebuah PT yang bergerak di bidang farm industries dan agro-tourism yang terletak di Desa Kepurun, Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah. PT. KPI ternyata adalah BUMS yang berafiliasi dengan YPK PT. PLN. Kayak semacam apa ya aku juga nggak ngeh, semacam yayasan buat pensiunan PLN gitu. Bidang usahanya adalah pertanian, peternakan, dan perikanan, jadi dengan konsep integrated farming dari hulu hingga hilir. Contohnya, dari peternakannya. Kotoran ternak dapat dimanfaatkan menjadi banyak hal antara lain menjadi pupuk dan biogas. Selain itu, hewan ternak disembelih sendiri untuk memproduksi aneka olahan nugget dan bakso. Untuk sektor pertaniannya, PT. KPI menanam sekada, bayam merah, tomat cherry, dan masih banyak lagi. Sistem tanamnya menggunakan vertikultur, baik menggunakan model aquaponik maupun hidroponik. Oiya, karena ini memang sebuah PT., maka usaha retail yang dilakukan adalah menjual hasil-hasil bumi tadi. PT. KPI juga menyediakan jasa pelatihan dan diklat, entah itu diklat peternakan, pertanian, perikanan, atau yang lain katanya bisa hehe. Maklum sih, lokasi PT. KPI memang asri dan lumayan dingin, jadi cocok. Ada penginapannya juga. Waktu kami berkunjung kesana kami kena tiket per anak Rp15.000 dengan minimal 10 anak, begitu. Ada beberapa paket kunjungan sih, bisa dicek aja wqwqw. Oke sekarang cus ke jalan-jalannya.

        Saat kami sampai, eh ternyata, barengan sama kereta mini anak-anak TK-_- Yaudah kita cus masuk ke aulanya, mendengarkan penjelasan, yang sudah ku jelaskan di atas itu tadi hehehe. Sebenernya banyak yang dijelaskan, tentang mental wirausaha juga. Kebetulan nih bapaknya yang menjelaskan adalah alumni dari Peternakan UGM. Sumpah ya, di akhir-akhir kita malah kaya dikasih materi AMT-__-wkwkw. Dannnnn itu memakan waktu sekitar yah berasa 2sks lah pokoknya. Setelah itu, kita mulai diajak jalan-jalan. Nggak sama bapak-bapaknya itu lagi, ganti orang ehehe. Tapi bapak-bapaknya yang ini masih sama-sama dari Peternakan UGM, tapi bapak yang ini katanya nggak lulus soalnya dah males:(( #ahelah


Kaya gini penyambutannya ehehe. Karena mas Nick paling tua, jadilah ia yang atur-atur:)))

Kalo ini squad KAB yang ikuuut wqwqwq

Penampakan rombongan

        Pertama-tama kami memasuki greenhousenya, eh bukan greenhouse sih, ya pokoknya yang rumah-rumah tanaman vertikultur itu tadi hehe. Luas sih area tanamannya itu. Liat-liat sambil poto-poto ugha wqwq. Selanjutnya, kami menuju kandang. Baunya sudah mulai terasa. "Itu bau duit tau,", kata mas Nicko wqwq. Kandang pertama yang terdekat adalah kandang sapi wagyu yang kata bapaknya harga per ekor mencapai 800juta rupiah, dan disana ada sekitar 8 ekor lebih #wow #akugumun. Oiya ada juga sapi jepang eh atau apa itu yang sukanya dipijat-pijat yang harganya mahal juga tapi ku tidak melihatnya sih, diceritain aja sama bapaknya #percayaaja. Di samping kandang sapi wagyu ada sapi perah biasa. Antara kandang tersebut ditutup sekat, soalnya kalo nggak gitu si sapi wagyu yang notabene jantan semua, suka bisa napsu kalo liat betina perah---kata bapaknya gitu. Sapi perahnya juga banyak, nggak sempat ngitung aku hehehe. Berjalan lagi, kami sampai di kandang kerbau. Ada kerbau metal bule ihhh yaAllaaaah lucu bangeeeeeeet genduuuuuuuuuuutttttt imuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuut. "Itu kalo diluar, biasanya mau kalo dinaiki, Mbak.", kata bapak. Yah sayangnya dia di kandang aja. Tapi emang sih dielus-elus dia juga diem aja hehe.


Ini diaaaah si sapi wagyu yang kece karena rambutnya brindilxD *abaikan pantat temennya yha *yang take mbak khum soalnya wqwq

Si sapi perah

SI KEBO METAL MAMEEEEEN BULE ABIZZZZ!!!

        Selanjutnya kami masih dari kandang ke kandang. Yang ini kandang kambing dan domba. Ada kambing ettawa, domba shaun the sheep (beneran kaya shaun the sheep aku gumun tapi yang ini versi kluwusnya yha), terus ada domba apa itu namanya kata mba Anis itu yang biasanya menghasilkan wol, dan dia juga lucu abizzzzzz. Semuanya pada nurut waktu dielus-elus heheh. Selesai melewati kandang perkambingan, kita memasuki kolam-kolam ikan. Well, agaknya perikanan disini masih dalam tahap pengembangan sih, kalo kata bapaknya, PR buat perikanan masih banyak. 

Inilah kambing yang dimaksud #bukan yang gembel itu yha

Kluwus version of shaun the sheep

Iya. Kolamnya segitu aja. Wqwq nggak deng yang belakang itu ada banyak lagi dikuras.
        Beranjak dari kolam, kami menuju kandang rusa! Iya, rusa! Ada sekitar berapa ya, 4 rusa apa ya. Rusa kecilnya sih mendekat, tapi yang bapaknya eh atau mbahnya pokoknya yang tua dan bercabang banyak diem aja mager kayaknya:( Kata bapaknya lagi, dulu sempat sulit ngurus perijinan buat memelihara rusanya begitu. Sehabis nonton rusa, kami jalan-jalan biasa di area PT., ada area outbond-nya juga ternyata. Oiya kami juga sempat melihat ruang produksi bakso, syedihnya, kita cuma dapet baunya aja:( Bapaknya nggak nawari masa:(( 

Si Rusaaaa
Oiya, sempat lihat instalasi biogasnya juga nih

        Oke, agaknya tour selesai saat itu dan hujan mulai merintik. Sudah hampir jam 12 siang. Karena bingung mau makan dimana, padahal kita kebanyakan sudah pakai mantel siap jalan, eh akhirnya cuma makan di warung depan PT.-__- Nirfaedah emang pake mantelnya-_____- Mana ibu-ibu warungnya lama pekanya kalo kursinya nggak muat buat kita bertigabelas-________- Setelah lama menunggu kayaknya ibuknya baru sadar dan ngasih kita tikar hehehe. Kita makan soto rame-rame diselingi ketawa-ketawa gaje dari game perkenalan yang dicetuskan oleh mbak Salma wqwqwqw. 

Yah beginilah suasana makannya ibu-ibu. Saya juga ngga tau yah itu mas Nick sama mas Rama mikirin apa:''D

        Selesai makan siang, kami sempat sholat dulu sebelum melanjutkan perjalanan. Dan lagi-lagi, kita bingung mau kemana-_- Fyi, di broadcast itu ada tulisan juga mau ke wahana air di Klaten. Oke, mba Salma udah ada rencana sih, tapi ternyata itu satu jam perjalanan bzzzzzz. Setelah runding sana-sini dan langit yang tetap merintik, kami memutuskan turun dan menuju tebing breksi di dareah Kalasan hehe.

        Oke, perjalanan awal sih baik-baik aja. Hujan juga udah terang, mba Khum aja yang masih pake mantel-_- Mana itu mantel pinjeman dari mas Aziz-___- Pokoknya highlight hari itu adalah mba Khum aka Azizah dengan mas Aziz, yang cerita awalnya berasal dari pinjem mantel waqaqa=)) Di jalan, mas Fandy dan mbak Salma sempet salah belok dan itu menurutku di jalan Solo-Klaten itu jan ruame dan super riskan bzzzz-_- Salah menggok neh ealah mas mba zzzzzzz. Kita akhirnya memasuki Jalan Piyungan dengan manjah rintik hujan. Udah hampir belok ke kiri yang mulai masuk desa menuju tebing nih, eh hujan deres super luebat turun. Sumpah kita nggak nyangka hujan tiba-tiba deres. Kita baru pada pakai mantel disaat mas Rama dan mas Aziz jalan duluan. Dan saat kita selesai pake mantel dan hujan tampaknya makin lebat, pemimpin rombongan yaitu tadi mas Fandy dan mba Salma memutuskan membatalkan pergi ke tebing breksi. Lah, mas Rama sama mas Aziz itu nanti gimana? Nggak tau. Wqwqwqw. Tapi emang ya, kalau mau lanjut disana mau apa kalo ujan, nggak bisa poto-poto:(( Yaudah deh dengan berat hati kami putar balik dan meninggalkan mas Rama Aziz berdua hahaha. 

        Ternyata perjalanan balik nggak semudah itu. Itu sumpah ya hujan yaAllah duereeeeeeessssss pake buangeeeeeeeeet sampe putiiiiiiiiiiiih. Bayangkan yha bayangkan yaAllah baru pertama kali itu aku kena hujan selebat itu, boncengin anak orang lagi. Untung nggak ada petir, tapi kan aku tetep takut. Dan kami fix buasah di sepanjang jalan Solo-Klaten itu, paling deres sih sekitar bandara yha. Mba Khum mana juga cuma pake mantel atasan pinjeman mas Aziz dan mantelku sendiri pun aslinya robek di beberapa tempat:":":" Takut bener itu jalan berasa tenggelam:( Untung masuk Gejayan itu mulai agak mending tapi masih lebat juga. Kasihan mbak Anis alergi dinginnya kumat jadinya dia gatel-gatel. Waktu ngantar mbak Khum sampe kos, that's unbelivable! "Dek, tak lewatin yang atas aja, kalo lewat bawah nanti dah kayak sungai.", kata mbak Khumay yang sebelumnya aku iyain aja karena nggak paham kenapa. EHHHHH TAUNYA SAMPE ITU GANG YA ALLAHHHHH. Sumpah itu air bener-bener turun kebawah lewat gang sempit dan bener-bener kayak sungai! Mana kosnya mbak Khum tepat di belokan air itu. Aku dengan deg-degan modal basmalah nrabas itu air dan Alhamdulillah selamat HAHAHA. Sumpah aku nggak takut hanyut, tapi lebih takut mesin motor mati kelelep:":" Aku nggak sempat mampir lama di kosan mbak Khum karena aku juga basah kuyup:":" Hanya, mbak Khum kusuruh njagani aku saat aku balik, i mean tak suruh ngliatin aku balik nglawan arus, siapa tau kenapa-kenapa yekan. Bismillah lagi, dan Alhamdulillah selamat:'D Aku melambaikan tangan goodbye pada mba Khum dan aku sadar perjalananku masih panjang sampai mBantul:":":":":":"

Hujannya itu belum reda, bre. Dan tanganku setengah gemetar. Jari-jariku kebas. Udah pokoknya rasanya pegel semua.:"""""""""
Sampai rumah, aku langsung mandi, dan makan tentunya. Harap-harap cemas nggak masuk angin......tapi ternyata iya:(
Oke akhirnya aku berakhir dengan kerokan di tempat simbah.....


Makasih ya, mas mbak, terutama mbak Salma, wahana airnya memang yang terbaik dan paling nyata.


Penuh cinta,
Puspa.



SQUAD KANDANG RUSA 2017


No comments:

Post a Comment